Karakteristik lain dari pola
hubungan anak usia sekolah dengan teman sebayanya adalah munculnya keinginan
untuk menjalin hubungan pertemanan yang lebih akrab atau yang dalam kajian
psikologi perkembangan disebut dengan istilah friendship (persahabatan). Jadi
persahabatan lebih dari sekedar pertemanan biasa, Menurut McDevitt dan Ormrod
(2002), setidaknya terdapat tiga kualitas yang membedakan persahabatan
dengan bentuk hubungan teman sebaya lainnya, yaitu:
- They are voluntary relationships (adanya hubungan yang dibangun atas dasar sukarela.
- They are powered by shared routines and customs (hubungan persahabatan dibangun atas dasar kesamaan kebiasaan)
- They are reciprocal relationships (persahabatan dibangun atas dasar hubungan timbal balik.
![]() |
| Friendship |
Intimacy dapat diartikan sebagai penyingkapan diri dan berbagai pemikiran
pribadi. Karenda kedekatan ini, anak mau menghabiskan waktunya dengan sahabat
dan mengekspresikan efek yang lebih positif terhadap sahabat dibandingkan
dengan yang bukan sahabat (Hartub, 1989)
Santrock (1998) menyebutkan enam fungsi penting persahabatan, yaitu:
Santrock (1998) menyebutkan enam fungsi penting persahabatan, yaitu:
- Sebagai kawan (companionship)
- Sebagai pendorong (stimulation)
- Sebagai dukungan fisik (physical support)
- Sebagai dukungan ego (ego support)
- Sebagai perbandingan sosial (social comparison)
- Sebagai memberi keakraban dan perhatian (intimacy/affection)
Hatherington dan Parke (1999), menggambarkan tiga tahap
perkembangan gagasan anak tentang persahabatan, yaitu:
- Reward-cost stage (7-8 tahun). Pada tahap ini anak menyebutkan ciri-ciri sahabat sebagai teman yang menawarkan bantuan, melakukan kegiatan bersama-sama, bisa memberikan ide-ide, bisa bergabung dalam permainan, menawarkan judgement, dekat secara fisik, dan memiliki kesamaan demografis.
- Normative stage (10-11 tahun). Anak mengharapkan sahabatnya bisa menerima dan mengaguminya, setia dan memberikan komitmen terhadap persahabatan, serta mengekspresikan nilai dan sikap yang sama terhadap aturan-aturan dan sanksi.
- Emphatic stage (11-13 tahun). Anak mengharapkan kesungguhan dan potensi intimacy dari sahabat, mengharapkan sahabat untuk memahami dan terbuka terhadap dirinya, mau menerima pertolongannya, berbagi minat dan mempertahankan sikap dan nilai yang sama.
sumber : http://www.mungkinblog.com/2012/01/makna-dan-fungsi-persahabatan-menurut.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar